Tugas Akhir Sistem Komputer - RANGKAIAN PENGENDALI LAMPU RUANGAN MENGGUNAKAN SENSOR INFRA MERAH BERBASIS MIKROKONTROLLER AT89C51

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah memberi pengaruh yang besar terhadap perkembangan sosial budaya masyarakat. Berbagai kemudahan terus-menerus diciptakan melalui sarana dan prasarana maupun barang produksi yang selalu memanjakan manusia sebagai konsumen. Perkembangan paling pesat dalam bidang ilmu pengetahuan dan
teknologi khususnya telekomunikasi. Salah satu hasil kemajuan itu adalah alat pengendali jarak jauh tanpa kabel. Pengendalian fungsi atau peralatan elektronika yang berada pada jarak tertentu.

Pada awalnya pengendali jarak jauh dibuat dengan menggunakan kabel sebagai media penghubung pada peralatan elektronika tersebut. Kemudian setelah dikembangkan oleh berbagai ahli, teknologi pengendali jarak jauh dibuat dengan media penghubung tanpa kabel seperti gelombang infra merah, atau gelombang elektronika. Oleh karena itu pengendalian alat yang memanfaatkan peralatan elektronika memiliki nilai guna yang lebih karena lebih mudah dan fleksibel. Dengan memanfaatkan media pengendali peralatan elektronika yang memiliki kapasitas fungsi lebih banyak dan beragam aplikasi, dapat mengendalikan peralatan elektronika hanya dengan genggaman tangan.

Berdasarkan pemikiran-pemikiran di atas penulis telah merancang suatu alat untuk mengendalikan fungsi on-off lampu penerangan melalui pengendali tanpa kabel dengan nama “Rangkaian Pengendali Lampu Ruangan Menggunakan Sensor Infra Merah Berbasis Mikrokontroller AT89C51“.

Unlock Key : jenggotapi.blogspot.com
Share this article :
 

+ komentar + 2 komentar

12 Mei 2013 pukul 01.08

Terima Kasih bos, saya lagi nyari referensi buat lampu rumah memakai infra merah

23 Agustus 2014 pukul 00.32

kira2 ada tidak gan rangkaian keseluruhannya yang sudah jadi gan??
mohon bantuannya gan

Posting Komentar

 
Support : Jenggot Api Blog | Maju Tak Gentar Membela Yang Benar!
Copyright © 2012. Jenggot Api - All Rights Reserved
Powered by Blogger