Jenggot Api | Kelayung-Layung - Renungan Kematian

Berawal dari mendengarkan lagu yang liriknya berbahasa jawa.., dan biasanya dipakai buat puji-pujian dikala itu. Sampai aku melibatkan paman Google untuk mencari dengan kata kunci "Kreto Jowo .... bla... bla...bla...." akhirnya paman menunjukkan saudaranya yang menyimpan video Lagu yang didalamnya ada lirik Kreto jowo juga...
Kira-kira liriknya seperti ini:

Ono tangis kelayung layung, tangise wong kang wedi mati
gedongono kuncenono, yen wes mati, moso wurungo

ditumpakke kreto jowo, rodane roda menungso
ditutupi ambyang ambyang, disirami banyune kembang

duh Gusti Allah , Kulo nyuwun pangapuro
neng sayange wes ora ono guno..
 
Ini Video Nya:



 

Renungkanlah:

Kematian, sesuatu yang tidak mungkin kan bisa kita hindari dialah sebuah kepastian namun sayang seringkali kita melupakannya.

Kreto jowo adalah kreta mayat, sebuah kereta (alat) untuk mengusung mayat menuju kuburan. Rodanya manusia, yang memikul dan membawa kereta jawa itu adalah sanak saudara dan kerabat kita.

Sesaat setelah mengantar jasad kita dikuburan dan mengubur jasad kita maka mereka akan beramai-ramai kembali pulang dan sendirianlah kita ditinggal didalam kuburan.

Sendirian dengan hanya berteman dengan amal yang pernah kita perbuat didunia. Jika kita sering melakukan amal kebaikan maka insya Allah kebaikan itu akan menjadi nur penerang kubur kita, menjadi seorang kawan yang berwujud mahkluk yang tampan dan menghibur hingga hari kebangkitan tiba.

Namun jika hanya mala kejahatan yang sering kita lakukan maka amal kejahatan tersebut juga akan menemani kita dengan wujud mahkluk yang menyeramkan dan memperingatkan kita bahwa hari kebangkitan akan segera tiba.

Aduhai celaka manusia yang suka melupakan dikau kematian.
Share this article :
 

+ komentar + 1 komentar

2 Mei 2017 pukul 18.19

paling hobi dengan lirik kelayung layung ini , akhirnya dapat juga deh, salam kenal ya

Posting Komentar

 
Support : Jenggot Api Blog | Maju Tak Gentar Membela Yang Benar!
Copyright © 2012. Jenggot Api - All Rights Reserved
Powered by Blogger